468x60 Ads

UNESCO Akui Angklung Budaya Bangsa Indonesia


T. Wijaya | 01.05 |

243angklung-arum tresnaningtyas.jpg
Setelah wayang, batik, dan keris, kini angklung “resmi” ditetapkan sebagai budaya bangsa Indonesia. Pengukuhan terhadap angklung ini dilakukan pada sidang kelima Komite Antar Pemerintah tentang Perlindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Nairobi, Kenya (Rabu,17 November 2010).
Dalam sidang tersebut UNESCO menyatakan bahwa angklung telah memenuhi kriteria sebagai warisan budaya takbenda dunia (world intangible cultural heritage) karena memiliki nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan keharmonisan sosial, yang merupakan unsur utama dari identitas budaya masyarakat Jawa Barat dan Banten.
Setelah sempat diakui secara sepihak sebagai warisan budaya negara tetangga, kini bangsa internasional mengakui angklung sebagai salah satu keluhuran serta kekayaan budaya kita. Masihkah kita akan tutup mata dengan segala keragaman budaya negara kita? Masih relakah budaya bangsa kita diakui oleh negara lain? Sebagai generasi penerus bangsa, mari kita lindungi dan lestarikan budaya bangsa kita yang tak ternilai ini!

0 komentar:

Posting Komentar