468x60 Ads

Jenis Fashion Indonesia Wakili Keragaman Budaya


T. Wijaya | 00.35 |

kebaya.jpg

BANGKAPOS.COM, DENPASAR - Indonesia mewarisi keragaman desain fashion dalam bingkai fashion tradisional dari berbagai daerah di Tanah Air yang mampu berfungsi sebagai jembatan budaya bangsa.

"Dari keberagaman suku bangsa di Indonesia mampu mencerminkan berbagai jenis fashion yang mewakili masing-masing daerah di tanah air," kata Dosen interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (FSRD ISI), Tjok Istri Ratna Cora  Sudharsana, di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, mengamati kekayaan bangsa dalam ranah fashion mampu membangkitkan rasa untuk dapat mengeksplor lebih dalam dan diharapkan mampu menopang jurusan desain fashion pada FSRD ISI Denpasar.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyetujui jurusan desain fashion bersama dua program bidang studi  masing-masing  program studi pendidikan seni, drama, tari dan musik (Sendra klasik) dan prodi vedeo, TV dan Film.

Oleh sebab itu pendirian  jurusan desain fashion FSRD ISI yang akan mulai menerima mahasiswa baru pertengahan tahun ini menitikberatkan pada teori dan praktik kreatif berbasis budaya lokal Bali dan nasional.

Tjok Istri Ratna menambahkan,  kehadiran jurusan desain fashion pada FSRD ISI Denpasar untuk menjawab tantangan dan tuntutan  menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja.

Selain itu, mampu membaca peluang untuk menjadikan  desain fashion sebagai salah satu jembatan budaya bangsa Indonesia dalam dunia global untuk bisa menemukan identitas diri.

Dengan demikian diharapkan mampu menemukan sebuah keunikan identitas tanpa meninggalkan karakter bangsa. Hal penting lainnya memiliki rasa bangga menggunakan produk Indonesia dalam kemasan desain fashion.

Cita rasa tersebut menjadi tujuan akhir dari perpajalan panjang suatu pandangan bertajuk "brand image" yang melandasi pendirian jurusan desain fashion FSRD ISI Denpasar, harap Tjok Istri Ratna.
 

0 komentar:

Posting Komentar